Habib Imbau KCW Ditutup Saat Libur Nataru

libur nataru

topmetro.news – Sekretaris Komisi I DPRD Kota Medan, Habiburrahman Sinuraya meminta Pemko Medan untuk menutup sementara Kesawan City Walk (KCW) saat libur nataru (natal tahun dan baru) mendatang.

Hal itu dikatakan politisi Partai Nasdem DPRD Kota Medan tersebut untuk mewaspadai dan tidak membuka ruang-ruang yang berpotensi untuk menimbulkan kerumunan serta penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Alhamdulillah, kalau dibukanya kembali KCW tidak meningkatkan penyebaran Covid-19, ini patut kita apresiasi untuk Walikota Medan dan Satgas yang sudah bekerja maksimal. Tapi kita tetap menyarankan, libur nataru mendatang, sebaiknya KCW jangan dibuka dulu, sebaiknya ditutup sementara,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (12/12/2021).

Ia meyakini, suasana libur nataru tidak akan mungkin sama seperti hari-hari biasanya. Potensi peningkatan mobilitas masyarakat baik di dalam kota maupun luar kota diyakini akan meningkat tajam.

“Jadi potensinya yang harus kita tekan. Kalau masyarakat tahu KCW tetap dibuka selama libur nataru, pasti masyarakat akan ramai-ramai ke KCW. Meskipun jumlah pengunjung yang masuk dibatasi, tapi tetap saja akan berpotensi menimbulkan kerumunan. Mungkin kerumunannya tidak di dalam KCW nya tapi diluar, menunggu sampai bisa masuk ke KCW,” imbuhnya.

Selain itu, terang Habib, saat Kota Medan masih berada di status PPKM Level 3 maupun Level 4, posisi KCW memang ditutup sementara. KCW kembali dibuka, saat status PPKM Kota Medan telah turun ke Level 2. Oleh karena itu, penutupan sementara KCW adalah hal yang biasa dan sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengklaim, dibukanya kembali Kesawan City Walk (KCW) setiap malam akhir pekan telah berjalan dengan lancar. Bahkan sejak beroperasinya kembali KCW pada 19 November 2021, Pemko Medan melalui Satgas Covid-19 tidak ada menemukan klaster baru Covid-19.

Pasalnya, Pemko Medan memastikan bahwa protokol kesehatan sebagaimana intruksi Walikota Medan Bobby Nasution terus diterapkan secara ketat.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Medan, Muhammad Husni menyebutkan, seluruh petugas Satgas Covid-19 Kota Medan dari lintas OPD terus berkolaborasi agar operasional KCW yang bertujuan menggerakkan perekonomian masyarakat, tetap mengedepankan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment